Total Tayangan Laman

Senin, 20 April 2015

Cara Mengatasi Insomnia

Insomnia/Sulit tidur sering diakibatkan oleh penggunaan zat atau obat tertentu seperti kopi, alkohol, obat antidepresi dll. Selain itu insomnia dapat juga merupakan gejala berbagai gangguan jiwa dari yang ringan hingga yang berat, depresi, cemas.  Sulit tidur bisa mengakibatkan kita demam karena Begadang. Sekarang saya akan Memberi Tips/Trik Cara Mengatasi Sulit Tidur:

Penyebab Sulit Tidur antara lain:

1. Faktor Psikologi Stres yang berkepanjangan paling sering menjadi penyebab dari Insomnia jenis kronis, sedangkan berita buruk, gagal rencana dapat menjadi penyebab insomnia transient.

2. Problem Psikiatri Depresi paling sering ditemukan. Kamu bangun lebih pagi dari biasanya yang tidak kamu ingini, adalah gejala paling umum dari awal depresi , Cemas ,Neorosa, dan gangguan psikologi lainnya sering menjadi penyebab dari gangguan tidur.

3. Sakit Fisik Sesak nafas pada orang yang terserang asma, sinus, flu sehingga hidung yang tersumbat dapat merupakan penyebab gangguan tidur.Selama penyebab fisik atau sakit fisik tersebut belum dapat di tanggulangi dengan baik ,gangguan tidur atau sulit tidur akan dapat tetap dapat terjadi.

4. Faktor Lingkungan Lingkungan yang bising seperti lingkungan lintasan pesawat jet, lintasan kereta api, pabrik atau bahkan TV tetangga dapat menjadi faktor penyebab susah tidur.

5. Gaya Hidup Alkohol , rokok, kopi, obat penurun berat badan, jam kerja yang tidak teratur, juga dapat menjadi faktor penyebab sulit tidur.

Dewapoker , Pokerclub88 , Poker88 , KartuDewa , Situs Poker Online , Poker Online Indonesia , Poker Online , Texas Poker


Cara menghindari susah tidur antara lain:

1. Lakukan relaksasi seperti meditasi atau yoga. Hal ini bisa membantu anda menurunkan tingkat stress dan kecemasan anda.

2. Hindari asupan kafein, alkohol dan nikotin menjelang tidur. Kecuali anda memang tidak ingin tidur awal untuk menghindari rasa ngantuk.

3. Minum segelas susu hangan atau bisa ditambahkan madu.

4. Pertahankan suasana tenang dan nyaman di kamar tidur anda hingga bisa membuat kamar lebih hangat dan rileks untuk istirahat dan tidur.

5. Jangan menunda tidur dimalam hari. Ketika anda sudah mengantuk, maka segeralah tidur.

6. Badan yang terasa bersih dan segar akan lebih nyaman digunakan untuk tidur. Maka mandilah dengan air hangat sebelum tidur juga bisa membantu anda terhindar dari susah tidur.

7. Ciptakan suasana tenang dan rileks sebelum tidur dengan mendengar lagu-lagu pelan pengantar tidur.

8. Jika anda senang dengan membaca buku, hal ini juga bisa membantu anda untuk pengantar tidur. Maka bacalah buku sebelum tidur, maka biasanya lama-lama rasa kantuk akan datang.

9. Sembunyikan jam dari pandangan anda. Ini akan membuat anda sering menghitung waktu disaat anda tidak bisa tidur.

10. Jangan Menghayalkan sesuatu yang kamu Sukai/Benci saat ingin Tidur.

11. Jangan mengonsumsi obat tidur, hal ini akan membuat anda menjadi ketergantungan. Atasi masalah susah tidur anda dengan sesuatu yang lebih natural.

12. Hindari mendengar, atau melihat cerita-cerita atau film yang menegangkan dan menyeramkan menjelang tidur. Hal ini akan menyebabkan imajinasi anda terbawa ke hal-hal yang baru saja anda lihat.


Cara Mengatasi Sulit Tidur :

1. Beberapa penelitian menyebutkan berolahraga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. Namun Olahraga sebaiknya dilakukan pada pagi hari,  bukan beberapa menit menjelang tidur. Dengan rutin berolahraga, metabolisme tubuh menjadi lancar sehingga kesehatan menjadi lebih optimal. Dengan demikian tubuh akan lebih mudah untuk melawan stress.

2. Menghindari makan dan minum terlalu banyak menjelang tidur. Makan yang terlalu banyak akan menyebabkan perut menjadi tidak nyaman(kembung), akibatnya akan menganggu tubuh sehingga tak bisa tidur. Sementara kebanyakan minum sebelum tidur, akan menyebabkan sering merasa ingin buang air kecil.

3. Tidur dalam lingkungan yang nyaman. Saat tidur, matikan lampu, matikan alat-alat yang bisa menimbulkan kebisingan suara. Dan pastikan anda nyaman dengan suhu ruangan tidur.

4. Jauhkan jam dari pandangan. Jauhkan jam meja dari pandangan anda. Menaruh jam dekat dengan pandangan justru dapat membuat anda cemas, karena masih juga belum terlelap padahal jarum jam kian larut. Kecemasan seperti ini pada akhirnya akan membuat anda semakin susah tidur.

5. Minum susu hangat. Minumlah susu hangat sebelum tidur, karena ini bisa membuat rileks tubuh anda sehingga lebih mudah tidur.

6. Mandi dengan air hangat. Air hangat akan menyebabkan efek sedasi atau merangsang tidur. Selain itu, air hangat juga dapat mengurangi ketegangan tubuh, dan ini sangat bagus dibiasakan sebagai salah satu cara untuk mengatasi insomnia.
7. Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur. Jangan menonton TV atau membaca buku, minimal satu jam sebelum tidur.Gunakan tempat tidur, hanya untuk tidur. Hal ini akan membantu tubuh untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan ditempat tidur. Saat berbaring di tempat tidur,  maka akan timbul rangsangan untuk tidur.

8. Melakukan aktivitas relaksasi secara rutin. Boleh mendengar musik yang bisa membuat rileks, boleh dilakukan untuk membantu proses relaksasi. Melatih pernafasan atau meditasi juga bisa membantu untuk memperlambat proses yang terjadi dalam tubuh,  sehingga tubuh anda bisa menjadi lebih santai. Keadaan seperti ini akan mempermudah Anda untuk tidur

9. Menjernihkan pikiran. Hilangkan segala kekhawatiran yang menghinggapi pikiran, pecahkan segera masalah anda agar tidak menimbulkan stress dan pemikiran tanpa ujung.

10. Atur jam tidur. Biasakan tidur sesuai dengan periode waktu yang teratur.. Waktu tidur yang kacau akan mengacaukan waktu-waktu tidur selanjutnya.


21/04/2015
Sumber : Poker Online Indonesia
Penerbit : RimbaADM1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.